Senin, 13 Januari 2014

Pemenang Ballon d'Or Diumumkan



Zurich: Senin (13/1) boleh jadi menjadi hari yang mendebarkan bagi tiga pesepak bola terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Franck Ribery.

Betapa tidak? Salah satu dari mereka akan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 2013.

Tentu saja mereka boleh berharap dan bermimpi bisa meraih Bola Emas (Ballon d'Or) yang akan diumumkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), malam nanti. Namun, hanya sebatas itu.

Berdasarkan kabar dan analisis yang dilansir media-media dunia, trofi berbentuk bola berlapis emas itu tampaknya akan diangkat Ronaldo. CR7 dianggap menjadi pemain paling pantas untuk mengakhiri rezim Lionel Messi selama empat tahun beruntun.

Preferensi media-media internasional terhadap CR7 bukannya tanpa alasan. Selama 2013, pemain flamboyan asal Portugal itu sudah menjaringkan 66 gol dari 56 penampilannya untuk Real Madrid, baik lewat kaki kanan, kiri, sundulan, tendangan bebas, penalti, ataupun melalui posisi yang tidak bisa dibayangkan banyak orang.

Ronaldo pun bisa dibilang menjadi aktor tunggal ketika membawa negaranya ke pentas Piala Dunia 2014. Ia menjaringkan empat gol saat Portugal menghancurkan Swedia 4-0 di play-off.

Prediksi Ronaldo sebagai pemenang Ballon d'Or sebetulnya bukan pertama kali. Banyak pihak juga menjadikannya favorit dalam tiga tahun pencalonannya yang lalu, tetapi banyak pihak juga sebal dengan gaya narsisnya sehingga top scorer Liga Champions musim lalu itu pun tidak terlalu ambil pusing kali ini.

“Apakah saya pantas mengangkat Ballon d'Or? Saya rasa saya berhak melakukannya setiap tahun,“ kata pemain berusia 28 tahun itu.

Difavoritkannya Ronaldo juga seperti menandakan habisnya magi Messi. Ayah satu anak itu memang lebih banyak menghiasi bangku cadangan akibat cedera, termasuk kala Barcelona dihancurkan 0-7 di semifinal Liga Champions.

Catatan golnya pun menurun drastis, hanya 45 gol sepanjang 2013. Akibatnya, Blaugrana yang amat mengandalkan jasanya hanya mampu menjuarai satu gelar, yaitu La Liga, sehingga El Messiah pun lebih realistis tahun ini.

“Kalau saya tidak menang tahun ini, bukan berarti saya akan berhenti menjadi pemain hebat,“ kilah Messi.

Satu kandidat lainnya, Franck Ribery, jelas memiliki gaya bermain yang amat berbeda. Jika Cristiano dan Messi merupakan tipe individualis, Ribery ialah tipe pemain yang punya semangat tempur tinggi untuk tim.

Lima gelar sepanjang 2013 sudah dipersembahkannya melalui performanya di hampir setiap pertandingan yang dijalani Bayern Muenchen. Pun jika Ribery yang mengangkat trofi malam nanti, itu merupakan bentuk penghargaan juga bagi pencapaian Die Roten tahun lalu.

Playmaker asal Prancis itu pun merasa tidak ada alasan bagi FIFA untuk tidak memilihnya.

“Messi dan Ronaldo merupakan pemain hebat dengan jumlah gol yang banyak, tetapi rasanya tidak pantas hanya melihat statistik karena gaya permainan kami berbeda,“ ujar Ribery.

Pemain berusia 30 tahun itu juga menjamin penampilannya di 2013 merupakan yang terbaik sepanjang kariernya.

Karena itu, ia berspekulasi inilah saat yang tepat baginya mengangkat Ballon d'Or. Di usianya saat ini, belum tentu tahun depan ia bisa mengulangi hal tersebut. (FIFA.com/Asni Harismi)

thanks to : http://www.metrotvnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...